CodeIgniter

CodeIgniter

CodeIgniter adalah sebuah framework PHP yang dapat membantu mempercepat developer dalam pengembangan aplikasi web berbasis PHP dibandingkan jika menulis semua kode program dari awal.

CodeIgniter menyediakan banyak library untuk mengerjakan tugas-tugas yang umumnya ada pada sebuah aplikasi berbasis web. Selain itu, struktur dan susunan logis dari CodeIgniter membuat aplikasi yang kita buat menjadi semakin teratur dan rapi. Dengan demikian,kita dapat fokus pada fitur-fitur apa yang dibutuhkan oleh aplikasi kita dengan membuat kode program seminimal mungkin.

CodeIgniter pertama kali dibuat oleh Rick Ellis, CEO Ellislab, Inc. sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah CMS (Content Management System) yang cukup handal yaitu ExpressionEngine.

Adapun beberapa keuntungan menggunakan CodeIgniter :

  • Gratis -> CodeIgniter berlisensi dibawah Apache/BSD opensource, jadi anda bisa menggunakannya secara bebas.
  • Ditulis dengan menggunakan PHP 4 ->  Meskipun CodeIgniter dapat berjalan pada PHP 5, namun sampai saat ini kode program CodeIgniter masih dibuat dengan  menggunakan PHP 4. Hal ini dilakukan agar CodeIgniter dapat tersebar lebih luas di komunitas PHP. Karena hingga saat ini, sebagian besar web hosting masih menggunakan PHP 4. Jika CodeIgniter dibuat dengan PHP 5, tentu saja hasilnya juga akan jauh lebih canggih, karena bisa memanfaatkan teknologi PHP 5 yang saat ini masih belum dapat dilakukan PHP 4, misalnya untuk menerapkan konsep OOP Multiple Inheritance.
  • Berukuran kecil -> Ukuran CodeIgniter yang kecil merupakan keunggulan tersendiri. Dibanding framework lain yang berukuran besar, serta membutuhkan resource yang besar pula untuk berjalan. Pada CodeIgniter, bisa diatur agar system meload library yang dibutuhkan saja, sehingga sistem dapat berjalan ringan dan cepat.
  • Menggunakan Konsep MVC -> CodeIgniter menggunakan konsep MVC (Model-View-Controller) yang memungkinkan pemisahan antara layer application-logic dan presentation. Model berisi Kode program (berupa OOP class) yang digunakan memanipulasi database. View berupa template html/xhtml atau php untuk menampilkan data pada browser. Controller berisi kode program (berupa OOP class) uang digunakan untuk mrngontrol aliran aplikasi (sebagai pengontrol Model dan View).
  • URL yang sederhana -> Secara default, URL yang dihasilkan CodeIgniter sangat bersih (clean) dan Search Engine Friendly (SEF).
  • Memiliki paket library yang lengkap -> CodeIgniter memiliki library yang lengkap untuk mengerjakan operasi-operasi yang umum dibutuhkan oleh sebuah aplikasi berbasis web, misalnya mengakses database, mengirim email, memvalidasi form, menangani session dan sebagainya.

download CodeIgniter

Tinggalkan komentar